Cari Blog Ini

Selasa, 24 September 2013

Visi Misi




Visi dan Misi Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura
Kabupaten Lampung Tengah
 


Visi :
”Terwujudnya pertanian tanaman pangan dan hortikultura yang maju, berwawasan agribisnis, dan berkelanjutaan berbasis sumber daya lokal”.
Penjelasan Makna Visi :
Melalui visi tersebut Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Lampung Tengah akan membawa organisasinya untuk menjadi lembaga pelayanan yang profesional dan antisipatif terhadap perubahan lingkungan dalam rangka mengubah perilaku petani dalam berusaha tani untuk mewujudkan masyarakat pertanian tanaman pangan dan hortikultura yang sejahtera.
Dalam visi yang telah dirumuskan terkandung maksud sebagai berikut :
Pertanian yang Maju, keadaan masyarakat pertanian yang maju diartikan sebagai :
-         Masyarakat pertanian yang mampu memanfaatkan teknologi
-         Masyarakat pertanian yang tangguh dalam melaksanakan teknologi pertanian yang dipengaruhi oleh lingkungan usaha tani.
-         Masyarakat pertanian yang dapat menyelenggarakan usaha tani secara efisien.
-         Masyarakat pertanian yang mampu mengakses sumber daya baik permodalan, informasi maupun sumberdaya lainnya dalam kegiatan usahataninya.
Pertanian yang Berwawasan Agribisnis, diartikan sistem rekayasa sosial dan ekonomi di bidang usaha tani dalam upaya peningkatan produk yang bernilai ekonomi tinggi, mempunyai daya saing dengan memperhatikan aspek dunia usaha.
Usaha tani yang berkelanjutan, adalah penyelenggaraan usaha tani dengan tetap memperhatikan kesinambungan daya dukung lingkungan yang lestari dengan menerapkan teknologi-teknologi ramah lingkungan.



Misi :
1        Meningkatkan ketersediaan produksi komoditas tanaman pangan dan hortikultura.
2        Meningkatkan kemampuan pelayanan dan pengembangan usaha pertanian.

Penjelasan Makna Misi
Masing-masing misi dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Lampung Tengah dapat dijelaskan sebagai berikut:
a)      Melakukan kegiatan dalam rangka peningkatan produksi komoditas tanaman pangan dan hortikultura guna meningkatkan ketersediaan pangan di Lampung Tengah sehingga dapat memberikan kontribusi utama bagi ketersediaan pangan di Provinsi Lampung maupun pada tingkat nasional.
b)     Melakukan kegiatan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan pengembangan sistem dan usaha pertanian untuk meningkatkan efisiensi usahatani dan pendapatan petani.
Kedua misi yang telah ditetapkan tersebut merupakan upaya Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura dalam rangka mengembangkan sistem pertanian berbasis agribisnis dan perekonomian kerakyatan yang didukung dunia usaha.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar